Tuesday, August 30, 2016

cerita yang biasa saja tentang kekecewaan yang biasa saja

Beberapa waktu lalu, seorang kawan berangkat ke Jepang untuk mengikuti sebuah konferensi tentang energi. Ia tidak hanya hadir sebagai penonton, tapi juga didapuk untuk mempresentasikan hasil penelitiannya tentang energi terbarukan.

Kawan saya ini sebetulnya sangat minder untuk presentasi di depan umum, apalagi ia merasa bahasa Inggrisnya pas-pasan. Ditambah, para presenter lain tampil meyakinkan dengan cara penyampaian yang begitu menarik dan canggih, berbeda dengannya yang hanya mengandalkan slide Powerpoint. Makin minderlah ia.

Di akhir konferensi, diumumkan makalah-makalah penelitian terbaik dan diberi penghargaan. Sayang, penelitian kawan saya tidak termasuk dalam daftar terbaik. “Tidak apa-apa, yang penting dapat pengalaman ke Jepang,” katanya menghibur diri.

Tak disangka, malamnya, ia dihubungi oleh seorang direksi dari perusahaan energi terkemuka di Jepang. Sang direksi ini rupanya hadir dalam konferensi tadi, dan tertarik dengan penelitian yang disajikan kawan saya. Sang direksi lantas mengundangnya untuk datang ke kantornya.

Keesokan harinya, di kantor yang sejuk nan mewah itu, tanpa ba-bi-bu, sang direksi langsung berkata, “Bagaimana kalau saya beli hasil penelitianmu? Selain saya beli, kamu juga saya kuliahkan S2 di sini. Seluruh biaya kuliah dan biaya hidup akan kami tanggung.”

Kawan saya syok! Ia tak menyangka, hasil penelitian yang ia tampilkan dengan hanya bermodal slide Powerpoint itu mampu mengundang ketertarikan seorang direksi perusahaan besar. Bayangan akan disekolahkan di Jepang dengan dibiayai penuh membuatnya bungah.

Namun, ia tak lantas menyetujui. Meski tawaran itu sangat menggiurkan, itu adalah sebuah keputusan besar, ia harus mendiskusikannya terlebih dahulu dengan orang-orang terdekatnya. Ia lantas minta izin untuk pulang ke Indonesia dan berjanji memberikan jawaban seminggu kemudian.

Sepulangnya ke tanah air, ia segera mengabari keluarganya tentang tawaran sang direksi. Keluarganya menyambut baik, dan menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada kawan saya. Restu dari keluarga sudah didapat. Tinggal satu lagi, restu dari para dosen pembimbing penelitiannya.

Dengan langkah mantap, ia berjalan ke kampus. Bayangan akan mengenyam pendidikan gratis di Jepang tinggal di depan mata. Namun, tak disangka, para dosennya menyuruhnya menolak tawaran itu.

“Ini perkara nasionalisme. Jangan pernah menjual intelektualitasmu pada negara lain,” kata dosennya.

“Mereka akan mengeruk kekayaan negara kita menggunakan hasil penelitianmu,” kata dosen yang satunya.

“Tolak saja. Kami akan upayakan penelitianmu terus didukung negara,” tutup dosen yang lain.

Ia bimbang. Di satu sisi ingin sekali berangkat, namun di sisi lain ia tak enak pada para dosennya. Bagaimanapun, mereka telah membantunya menyelesaikan penelitian tersebut. Akhirnya, dengan berat hati, ia mengirim email kepada sang direksi, menolak tawaran menggiurkan itu.

Namun, beberapa bulan kemudian, penelitiannya justru malah telantar. Pihak kampus tak lagi melanjutkan dukungannya, begitu pun dengan pemerintah. Alasannya klise: tidak ada dana. Penelitiannya yang pernah ditawar dengan S2 gratis itu, kini tak lebih dari sebuah dokumen tak berharga.

"Kalau begini, bagaimana caranya aku bisa mencintai Indonesia?" tanyanya.

Menurut saya, itu pertanyaan bodoh yang datang dari seorang kawan yang telah melakukan keputusan yang bodoh. Maka, daripada saya mengeluarkan komentar yang bisa-bisa membuat kawan saya panas hati, saya menjawab sekenanya dan menggiringnya membicarakan hal lain. Tentang film, upaya berhenti merokok, makanan enak, dan hal-hal lain yang tak ada urusannya dengan nasionalisme.

Hari itu, waktu kembali bergulir seperti biasa...

6 comments:

  1. Selamat Siang Pak Abi,

    Saya sedang blogwalking dan menemukan artikel ini. Menurut saya mencintai negeri ini perlu banyak usaha karena negeri ini belum sebesar Jepang untuk memikirkan teknologi energi untu jangka panjang. Mungkin teman anda bisa daftar LPDP, saya yakin beliau pasti bisa meneruskan penelitiannya.
    Saya Soraya dari http://serumah.com.
    Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat marak di kota besar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar/roommate agar orang-orang yang ingin menyewa tempat tinggal (apartemen, rumah atau kost) dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan pada awal tahun 2016.

    Saat ini saya meminta bantuan anda untuk menuliskan artikel review mengenai serumah.com di situs blog anda. Saya dan Tim Serumah sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkannya di blog anda.

    Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

    Soraya F.
    Cataga Ltd.
    soraya.serumah@gmail.com
    http://serumah.com/

    ReplyDelete