Friday, June 4, 2010

skizotipal

iseng-iseng liat blog kakak saya yang udah lama ga diurus, karena sekarang lebih seneng ngurus anak. ada satu tulisan yang dia buat sekitar 2 taun yang lalu karena saya pernah nyebut dia skizotipal, padahal waktu itu saya asal aja ngomong gitu, ga begitu ngerti jg skizotipal itu apa. tapi kayaknya dia serius nanggepinnya haha. ini tulisannya saya kopi:
barusan chatting sm adik sy si calon psikolog (huh..menyebalkan..pencuri mimpi-awalnya sy yg pgn bgt jadi psikolog-) yg aneh itu. terus tiba2 dia bilang kalo sy skizotipal..tapi ga mau jelasin skizotipal itu apa.karena penasaran, akhirnya sy bertanya ke mbah google, dan ini jawabannya:

Gangguan Kepribadian Skizotipal adalah gangguan kepribadian ganjil atau eksentrik yang melibatkan pola defisit antar perseorangan yang sangat kuat yang ditandai dengan perasaan tidak nyaman akut dengan hubungan dekat dan berkurangnya kapasitas untuk menjalin hubungan dekat dan bias kognitif atau persepsi.
Ciri ciri gangguan kepribadian Skizotipal meliputi :
  • Pola defisit sosial dan interpersonal yang sangat kuat, ditandai oleh perasaan tidak nyaman akut dengan hubungan dekat, bias kognitif atau persepsi dan perilaku yang eksentrik, mulai muncul pada masa dewasa awal
  • Menterjemahkan secara tidak tepat bahwa penyebab kejadian dan kejadian kejadian eksternal memiliki makna tertentu atau ketidak laziman spesifik bagi orang tersebut
  • Keyakinan yang ganjil atau magical thingking yang mempengaruhi perilakunya dan tidak konsisten dengan norma norma budaya
wuaaaa….emang sih saya aneh, tapi masa iya sampai segitunya???????
tapi memang sedikit mirip sih sama apa yg terjadi sm sy akhir2 ini..kata kuncinya: ‘tidak nyaman’, ‘hubungan dekat’, dan ‘bias kognitif dan persepsi’..huhuhu..
dasar..aku ga mau lagi curhat sm kmu, bi.

No comments:

Post a Comment